Jumat, 20 Oktober 2017

Kecerdasan Buatan

Kecerdasan Buatan

Oleh : Cindy Oktavia Wulandara

Di era yang semakin maju dan modern ini, kita mengenal banyak sekali jenis teknologi yang semakin mampuni untuk membantu pekerjaan manusia. Pertanyaannya adalah dapatkah manusia menciptakan kecerdasaan yang nyaris setara dan serupa dengan manusia? Atau yang sekarang kita kenal dengan kecerdasan buatan. Ya tentu saja bisa, sudah banyak teknologi kecerdasan buatan yang diciptakan manusia untuk memudahkan kehidupan manusia diera peradaban modern ini.
Kecerdasan Buatan atau dalam bahasa Inggris disebut Artificial Intelegent adalah salah satu cabang Ilmu pengetahuan berhubungan dengan pemanfaatan mesin untuk memecahkan persoalan yang rumit dengan cara yang lebih manusiawi. Hal Ini biasanya dilakukan dengan mengikuti/mencontoh karakteristik dan analogi berpikir dari kecerdasan/Inteligensia manusia, dan menerapkannya sebagai algoritma yang dikenal oleh komputer. Dengan suatu pendekatan yang kurang lebih fleksibel dan efisien dapat diambil tergantung dari keperluan, yang mempengaruhi bagaimana wujud dari perilaku kecerdasan buatan tersebut (https://rehulina.wordpress.com/2009/08/05/pengertian-kecerdasan-buatan/, http://dewiadaminfo5.blogspot.co.id/, http://kelompok6-ia15.blogspot.co.id/2010/10/kecerdasan-buatan-artificial.html)
Banyak jenis kecerdasan buatan yang telah diciptakan oleh manusia, lingkup utama kecerdasan buatan meliputi:
1.      Sustem pakar. Komputer digunakan sebagai saran untuk menyimpan pengetahuan para pakar. Dengan demikian komputer akan memiliki keahlian untuk menyelesaikan masalah dengan meniru keahlian yang dimiliki para pakar.
2.      Pengolahan bahasa alami. Dengan pengolahan bahasa alami ini diharapkan user mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan bahasa sehari-hari.
3.      Pengenalan ucapan. Melalui pengenalan ucapan diharapkan manusia mampu berkomunikasi dengan komputer dengan menggunakan suara.
4.      Robotika dan Sistem sensor.
5.      Computer vision, mencoba untuk dapat mengintrepetasikan gambar atau objek-objek tampak melalui computer.
6.      Intelligent Computer aid Instruction. Komputer dapat digunakan sebagai tutor yang dapat melatih dan mengajar.
Pertanyaan selanjutnya, mungkinkah manusia menciptakan kecerdasan buatan yang lebih cerdas dari manusia itu sendiri? Jawabannya adalah mungkin saja.  AI yang sekarang berkembang hampir disemua disiplin ilmu sudah memiliki kecerdasan nyaris setara dengan sang pembuat. Bahkan perkembangan AI yang sangat pesat dan cepat juga menimbulkan banyak kecemasan baik dari kalangan masyarakat biasa maupun dari kalangan ilmuwan itu sendiri sebut saja Elon Musk yang seorang jenius teknologi dan juga Stephen Hawking seorang fisikawan jenius. Mereka berpendapat bahwa bukan tidak mungkin jika nantinya kecerdasan buatan akan mampu menandingi manusia, atau bahkan melampaui manusia, sehingga segala jenis pekerjaan dan segala bidang benar-benar diambil alih oleh mesin ciptaan manusia itu sendiri (https://www.kompasiana.com/pratomoyudha/kecerdasan-buatan-dan-masa-depan-manusia_57038dbc397b615307f874d0).  Dilansir dari Livescience pada tanggal 8 Mei 2013, para ahli bahkan secara blak-blakan meyakini ingularitas atau saat kecerdasan buatan menyamai bahkan melebihi manusia, bisa terjadi dalam 16 tahun. Tapi ada ahli lain yang berbeda soal kapan dan bagaimana singularitas akan terwujud. 
Seorang futuris bernama Ray Kurzweil, dalam bukunya "The Singularity is Near: When Humans Transcend Biology", memprediksi pada 2029 komputer akan sepandai manusia dan pada 2045, komputer dapat miliaran kali lebih hebat dari kecerdasan manusia tanpa bantuan. Bill Hibbard, ilmuwan komputer di University of Wisconsin-Madison, tidak berani memprediksi. Tapi Hibbard tetap yakin kecerdasan buatan akan memiliki tingkat kecerdasan manusia beberapa kali di abad ke-21 (http://www.viva.co.id/digital/411421-futuris-2045-komputer-bisa-lebih-cerdas-dari-manusia).





Sumber lainnya :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar