Selasa, 04 Oktober 2016

SISTEM INFORMASI dan TEKNOLOGI INFORMASI, samakah?


komputer21

Selamat malam readers, lama tak bersua, kali ini saya kembali hadir dengan artikel menarik seputar tugas kuliah saya. Jika sebelum-sebelumnya saya selalu memposting perihal Budaya dan Sosial, kali ini saya membawa nuansa baru. Tapi ini adalah kali ketiga saya ganti blog. Karena saya selalu lupa dengan password blog saya sendiri.
Nahh kira-kira apa ya yang akan saya bahas diblog baru saya? Cuk cekidot!



a

Apa itu Sistem Informasi?

Kita semua pasti sering dong mendengar jurusan Sistem Informasi? Tapi sebenarnya apa sih Sistem Informasi yang biasa disebut SI ini?

Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang lebih luas lagi, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi. Jadi manteman istilah ini digunakan untuk merujuk tidak hanya pada penggunaan organisasi teknologi informasi dan komunikasi (TIK), tetapi juga untuk cara di mana orang berinteraksi dengan teknologi ini dalam mendukung proses bisnis. Jadi seperti itu singkatnya definisi sistem informasi readers.

sistem-informasi-manajemen

Selain itu ada definisi-definisi lain juga lho, diantaranya saya kutip dari berbagai sumber yang terpercaya lho manteman :

a. Sistem informasi adalah suatu bentuk komunikasi sistem di mana data yang mewakili dan diproses sebagai bentuk dari memori sosial. Sistem informasi juga dapat dianggap sebagai bahasa semi formal yang mendukung manusia dalam pengambilan keputusan dan tindakan.

b. Sistem informasi merupakan fokus utama dari studi untuk disiplin sistem informasi dan organisasi informatika.

c. Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

d. Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.

e. Sistem informasi  adalah kumpulandari  sub-sub  sistem baik phisik maupun non phisik yang  saling berhubungan  satu sama  lain dan bekerja  sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang berguna.




Disamping itu, agar lebih jelas lagi nih buat para calon mahasiswa, ada beberapa definisi SI menurut para ahli. Kalau udah menurut para ahli, berarti ga bisa diragukan lagi kan manteman, yuklah cekidot :

12 Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli
  1. Menurut Mc Leod
Sistem informasi adalah suatu sistem yang memiliki kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi
  1. Menurut Tata Sutabri, Kom., MM
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan strategis dari suatu organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan – laporan yang diperlukan.
  1. Menurut Erwan Arbie
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.
  1. Menurut Tafri D. Muhyuzir
Sistem informasi adalah data yang dikumpulkan, diklasifikasikan dan diolah sedemikian rupa sehingga menjadi sebuah informasi entitas terkait tunggal dan mendukung satu sama lain sehingga menjadi informasi berharga bagi mereka yang menerimanya.
  1. Menurut O’Brien
Sistem informasi adalah kombinasi dari setiap unit dikelola orang (orang), hardware (perangkat keras), software (perangkat lunak), jaringan komputer dan jaringan komunikasi data (komunikasi), dan database (basis data) yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi tentang yang bentuk organisasi.
  1. Menurut Leitch Rosses
Sistem informasi express adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  1. Menurut Lani Sidharta
Sistem informasi adalah suatu sistem buatan manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.
  1. Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis
Sistem informasi adalah suatu sistem dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.
  1. Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)
Sistem informasi adalah suatu sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data sesuai dengan instruksi dan mengeluarkan hasilnya.
  1. Menurut John F. Nash (1995: 8)
Sistem informasi adalah Sistem Informasi adalah kombinasi dari manusia, fasilitas atau alat teknologi, media, prosedur dan pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi yang penting, proses transaksi tertentu dan rutin, membantu manajemen dan pemakai intern dan ekstern dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.
  1. Menurut Kertahadi (2007)
Sistem informasi adalah alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa sehingga bermanfaat bagi penerimanya. Tujuannya adalah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian, operasional sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.
  1. Menurut Rommey (1997: 16)
Sistem informasi yang diselenggarakan cara untuk mengumpulakn, memasukkan, mengolah, dan menyimpan data dan terorganisir cara untuk menyimpan, mengelola, mengendalikan dan melaporkan informasi dengan cara yang suatu organisasi dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Selain itu Sistem Informasi dibagi menjadi beberapa tipe yakni sebagai berikut :
  1. Transaction processing systems (TPS): Capture and record information about organization’s transactions (mengambil dan menimpan informasi tentang transaksi dalam sebuah kumpulan).
  2. Management information systems (MIS): Take information captured by TPS and produces reports for planning and control(mengambil informasi yang diambil dari TPS dan membuat laporan untuk perencanaan dan pengontrolan)
  3. Decision support / knowledge-based systems (DSS/KBS): Explore impact of available options or decisions (what-if scenarios)(mengekplorasi dampak pilihan yang cocokan atau keputusan).
  4. Enterprise applications: Highly integrated systems that support company-wide operations and data( sistem integrasi tinggi yang mendukung pengoperasian perusahaan yang besar dan data dari perusahaan).
  5. Communication support systems: Facilitate communication internally and with customers and suppliers (fasilitas komunikasi di kalangan internal dan dengan konsumen dan penyedia).
  6. Office support systems: Help employees create and share documents(membantu pekerja membuat dan membagikan dokumen ).


Sudah jelaskan apa yang dimaksud Sistem Informasi? Kalau masih belum jelas lagi manteman bisa scroll ulang dari atas hehehe




Apa yang dimaksud dengan Teknologi Informasi?

Selanjutnya adalah Teknologi Informasi, terdengar sama namun berbeda. Istilahnya seperti anak kembarlah, nama boleh mirip Kaila Keila, tapi tentunya sifat dan perilakunya bisa jadi berbeda. Biar tidak bingung, mari kita cek apa sih pengertian Teknologi Informasi?

Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).
Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ". Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinormatika, "Cloud Computing", sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.

Menurut sumber lain yang tentunya terpercaya, teknik informatika merupakan disiplin ilmu yang berakar pada ilmu komputer, yang merupakan kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang secara khusus menangani masalah pengolahan data dengan memanfaatkan seoptimal mungkin teknologi komputer.


Jadi apa bedanya Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?

Seperti yang kita bahas diatas, nama boleh sama, tapi SI dan TI adalah sesuatu yang berbeda. Apa memangnya perbedaannya? Ada beberapa perbedaan yang dijelaskan dibawah ini.
Perbedaan dari Sistem Informasi dan teknologi informasi yaitu sistem informasi lebih mengacu kepada pemaksimalan Software sedangkan Teknologi informasi pemaksimalan lebih kepada Hardware.

Dari beberapa penjelasan diatas dapat diketahui banyak penafsiran arti dari sistem informasi itu sendiri, dari pengertian kita lanjutkan dengan perkembangan sistem informasi saat ini, dimana sistem informasi diciptakan untuk memudahkan kegiatan manusia, mengefisiekan waktu,ruang dan uang. Ini semua dapat tercapai manakala sistem informasi yang ada dapat mendukung semua aktivitas manusia dalam hal pendidikan, bisnis maupun urusan pemerintahan.


sim

Seringkali kita bingung untuk membedakan antara Sistem Informasi dengan Teknologi Informasi. Agar lebih mengerti, saya bahas kembali pengertian dari  Sistem Informasi dengan Teknologi Informasi ini.Pengertian Sistem Informasi (SI) adalah kombinasi dari teknologi informasi dan aktivitas orang yang menggunakan teknologi itu untuk mendukung operasi dan manajemen. Dalam arti yang sangat luas, istilah sistem informasi yang sering digunakan merujuk kepada interaksi antara orang, proses algoritmik, data, dan teknologi.
Pengertian Teknologi Informasi adalah suatu teknologi yang digunakan untuk mengolah data, termasuk memproses, mendapatkan, menyusun, menyimpan, memanipulasi data dalam berbagai cara untuk menghasilkan informasi yang berkualitas, yaitu informasi yang relevan, akurat dan tepat waktu, yang digunakan untuk keperluan pribadi, bisnis, dan pemerintahan dan merupakan informasi yang strategis untuk pengambilan keputusan.
Teknologi Informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (software & hardware) yang digunakan untuk memproses atau menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi (Martin, 1999). Semua bidang membutuhkan teknologi informasi, baik hukum, ekonomi, perbankan, kesehatan, dll.
Kemudian, perbedaan antara Teknologi Informasi dengan Sistem Informasi yaitu Sistem informasi mencangkup seluruh sistem didalam perusahaan secara keseluruhan termasuk teknologi informasi,akuntansi, manajemen, dll di dalamnya, sedangkan teknologi informasi ada untuk membantu/menunjang kegiatan sistem informasi, diantaranya pembuatan hardware, software, network, database, dll.
Bagaimana? Sudah jelaskan perbedaannya? Udah ga bingung lagikan?

103vjev


Apa sejarah Sistem Informasi?

Setelah panjang lebar membahas SI, sekarang saatnya kita mencari tahu sejarah dari SI itu sendiri. Seperti semua hal pada umumnya yang memiliki asal-muasal, SI juga memiliki sejarah lho manteman, gimana sih awal atau cikal bakal dari SI? Yuk kita simak bersama penjelasan dibawah ini agar kita para mahasiswa SI dan calon mahasiswa SI itu buta akan sejarah jurusan kita. Saya mengutip dari beberapa sumber, karena ini berbicara perihal sejarah, maka kita tidak bisa mengada-ada.

Manusia mulai mempertukarkan informasi sejak dahulu kala, sekitar 3000 tahun sebelum masehi atau jik dihitung sudah lebih dari 5000 tahun yang lalu. Cara mempertukarkan informasi itu adalah dengan menuliskannya pada batu, kayu, papirus atau tanah liat. Awal sejarah perkembangan sistem informasi dimulai dari sini. Tanpa langkah yang dilakukan oleh manusia kuno ini, tidak akan ada perangkat teknologi canggih seperti komputer dan telepon seluler.
Ada empat tahapan yang dilalui dalam perkembangan komunikasi dan informasi,diantaranya dapat kami jabarkan dibawah ini.
  1. Periode pertama: Pra Mekanik
Pada periode ini, komunikasi menggunakan simbol untuk menyampaikan informasi. Pada tahun 3000-2000 sebelum masehi, manusia menggunakan gambar juga untuk menyampaikan pesan. Contohnya adalah bangsa Fenisia yang mendiami Timur Tengah (saat ini Lebanon) menciptakan model yang sama. Bangsa Yunani Kuno mengadaptasi simbol milik bangsa Fenisia dengan menambahkan huruf vokal yang membuatnya mudah digunakan. Bangsa Romawi Kuno kemudian memakainya juga, yang mana saat ini menjadi alfabet yang kita kenal dan gunakan saat ini. Pembuatan buku dari papirus yang dilekatkan dimulai pada tahun 600 sebelum masehi. Pada awalnya hanya pemuka agama dan pemimpin yang memiliki koleksi buku. Setelah itu ada bangsa Mesir Kuno yang menciptakan sistem angka, sehingga juga mengarahkan pada penemuan alat bantu hitung yang disebut abakus.

2. Periode kedua: Mekanik
Masa ini termasuk dalam masa abad pertengahan. Dimana orang sudah menggunakan peralatan untuk menyimpan, mengolah dan merekam informasi. Salah satu penemuan terpenting dalam masa ini adalah mesin cetak Gutenburg dari Jerman. Penyampaian informasi menjadi lebih mudah dikarenakan mesin cetak dapat memproduksi tulisan yang sama dalam jumlah besar. Pada tahun 1600, komputer atau mesin hitung pertama kali diciptakan oleh Blaise Pascal. Komputer ini disebut sebagai Pascaline dan dianggap sebagai titik awal mesin menggantikan otak manusia dalam menghitung data.

3. Periode ketiga: Elektromekanik
Pada masa ini, penggunaan listrik untuk memberikan energi untuk menjalankan penemuan mesin sesudah Pascaline terus ditemukan. Pada periode ini pula diciptakan telepon dan kode Morse untuk digunakan dalam komunikasi jarak jauh secara langsung. Kemudian diperkenalkan komputer pertama yang digunakan untuk menyimpan program dan data pada awal 1948. Komputer tersebut adalah Dubbed Manchester Mark 1. Komputer ini adalah awal penemuan teknologi selanjutnya yang sekarang menjadi komputer, laptop, tablet dan smartphone.

4. Periode keempat: Elektronik
Jean Hoerni mengembangkan transistor planar pada tahun 1957. Alat ini dapat mengintegrasikan semua sirkuit yang diciptakan tahun-tahun selanjutnya. Pada tahun 1960, Departemen Pertahanan Amerika Serikat mendirikan ARPANET (Advanced Research Project Agency NETwork) yang mana ini adalah cikal bakal dari Internet yang anda gunakan sekarang ini. Pada saat itu ARPANET hanya digunakan untuk pemerintah, penelitian dan universitas. Peneliti dari MIT yang bernama Licklider memperluas ARPANET ke jaringan komputer di seluruh dunia untuk interaksi sosial. Ini terjadi pada tahun 1962. Pada tahun 1968, Andrew Grove, Gordon Moore dan Robert Noyce telah menciptakan mikrochip pertama kalinya. Mereka lalu menjual rancangan tersebut kepada intel untuk diproduksi secara massal.
Setelah keempat era ini, perkembangan teknologi berlangsung secara cepat. Sehingga ditemukanlah sistem informasi UNIX, komputer dari Apple, sistem operasi Windows, Linux, era dot com dan masih penemuan terbaru lainnya yang belum bisa kita sebutkan satu persat, yang kita kenal pada masa sekarang. Wahh panjang juga ya sejarah perkembangannya.


 new


Apa sejarah Teknik Inormasi?

Nahh kalau SI punya sejarah, tentunya TI juga punya sejarah dong. Apakah sejarahnya berbeda? Atau sama? Langsung aja kita cek.

Pada awal sejarah, manusia bertukar informasi melalui bahasa. Maka bahasa adalah teknologi, bahasa memungkinkan seseorang memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain tetapi itu tidak bertahan secara lama karena Setelah ucapan itu selesai, maka informasi yang berada di tangan si penerima itu akan dilupakan dan tidak bisa disimpan lama. Selain itu jangkauan suara juga terbatas.

 

Setelah itu teknologi penyampaian informasi berkembang melalui gambar. Dengan gambar jangkauan informasi bisa lebih jauh. Gambar ini bisa dibawa-bawa dan disampaikan kepada orang lain. Selain itu informasi yang ada akan bertahan lebih lama. Beberapa gambar peninggalan zaman purba masih ada sampai sekarang sehingga manusia sekarang dapat (mencoba) memahami informasi yang ingin disampaikan pembuatnya.

Ditemukannya alfabet dan angka arabik memudahkan cara penyampaian informasi yang lebih efisien dari cara yang sebelumnya. Suatu gambar yang mewakili suatu peristiwa dibuat dengan kombinasi alfabet, atau dengan penulisan angka, seperti MCMXLIII diganti dengan 1943. Teknologi dengan alfabet ini memudahkan dalam penulisan informasi itu.

Kemudian, teknologi percetakan memungkinkan pengiriman informasi lebih cepat lagi. Teknologi elektronik seperti radio, televisi, komputer mengakibatkan informasi menjadi lebih cepat tersebar di area yang lebih luas dan lebih lama tersimpan.



Apa contohnya aplikasi Sistem Informasi dan Teknologi Informasi?

Sekarang kita berbicara contoh penerapan SI dan TI, apa aja ya?
Beberapa jenis aplikasi tersebut adalah :
  1. Aplikasi di bidang sains
Contohnya adalah aplikasi astronomi (perbintangan).
  1. Aplikasi di bidang teknik/rekayasa
Contohnya adalah pembuatan robot dengan menggunakan konsep kecerdasan buatan agar robot lebih bijak.
  1. Aplikasi di bidang bisnis/ekonomi
Contohnya adalah e-business, e-marketing, e-commerce dan lain-lain.
  1. Aplikasi di bidang administrasi umum
Contohnya adalah aplikasi penjualan/distribusi barang, aplikasi penggajian karyawan, aplikasi akademik sekolah dan lain-lain.
  1. Aplikasi di bidang perbankan
Contohnya adalah e-banking, ATM, dan m-banking.
  1. Aplikasi di bidang pendidikan
Contohnya adalah e-learning (distance learning).
  1. Aplikasi di bidang pemerintahan
Contohnya adalah e-government dan aplikasi inventarisasi kekayaan milik negara (IKMN).
  1. Aplikasi di bidang kesehatan/kedokteran
Contohnya adalah pemeriksaane kokar diogr af i yaitu suatu pemeriksaan non invasif untuk menegakkan diagnose penyakit jantung. Dengan menggunakan alat ini aktivitas otot-otot jantung bisa dilihat langsung dilayar monitor dan lainnya.
  1. Aplikasi di bidang industri/manufaktur
Contohnya adalah simulasi komputer untuk ujicoba atas rancangan sistem baru.
  • Aplikasi di bidang transportasi
Contohnya adalah aplikasi untuk mengatur jadwal penerbangan pesawat terbang.
  • Aplikasi di bidang pertahanan keamanan
Contohnya adalah aplikasi sistem keamanan data dengan enkripsi.
 Demikian ulasan kita hari ini.. Semoga bermanfaat bagi kita semua. . . Thankyou for reading!!

sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_informasi
https://kangriyanto.wordpress.com/2011/04/01/penerapan-teknologi-informasi-dalam-kehidupan-sehari-hari/
http://11650056-si.blogspot.co.id/2013/03/perbedaan-sistem-informasi-dan.html
http://wicaksono.permataindonesia.ac.id/2015/05/contoh-dan-jenis-aplikasi-teknologi.html
http://belajar-komputer-mu.com/sejarah-perkembangan-sistem-informasi/
http://bsiuntag-sby.com/berita-173-perbedaan-teknik-informatika-dan-sistem-informasi-.html
http://www.dosenpendidikan.com/12-pengertian-dan-fungsi-sistem-informasi-menurut-para-ahli/
http://blogkuliah-ti.blogspot.co.id/2011/05/pengertian-teknik-informatika.html
http://www.kembar.pro/2016/01/pengertian-fungsi-dan-contoh-sistem-informasi-manajemen.html
http://ayobuka.com/2014/07/20/apasih-bedanya-sistem-informasi-dan-teknik-informatika/

57 komentar:

  1. berguna banget jadi nambah pengetahuan, makasih ya

    BalasHapus
  2. Wihhhhh thanks infonya, sangat bermanfaat :)

    Btw jangan lupa mampir ke http://deaclaodya.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Nice article dan sangat bermanfaat👍🏻

    BalasHapus
  4. informasi yang diberikan sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  5. Balasan
    1. Terimakasih Jasmine :)
      Silahkan berkunjung kembali :)

      Hapus
  6. makasih banget infonyaaa:))

    BalasHapus
  7. Artikelnya sangat bagus dan mudah dipahami, terima kasih infonya :)

    BalasHapus
  8. wiih mba sindi... thanks mbak artikelnya ntaps! wkwkwk

    BalasHapus
  9. Keren.Sangat bermanfaat dan penuh faedah.

    BalasHapus
  10. terimakasihh artikelnya sangat menarik dan bermanfaat:)

    BalasHapus
  11. Good articlee!! Infonya bermanfaat banget,thanks yaah.. hehehe :D

    BalasHapus
  12. Terimakasih Cecep :)
    Silahkan berkunjung kembali :)

    BalasHapus
  13. makasih kak infonya, sangat bermanfaat :)

    BalasHapus
  14. Sesuai Dengan Harapan....

    semakin jelas apa itu SI dan TI

    thx Cindyokk

    BalasHapus
  15. Artikelnya sangat membantu sekali makasih yaa

    BalasHapus
  16. Waw padat info sekali ya Cindy
    Mantap mantap

    BalasHapus
  17. ini kynya keramean backgroundnya cin coba di ubah dikit biar ga nyaru sm artikelnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kris emang agak rame, soalnya gua emang nambahin beberapa fitur yang gua anggap penting. Dan gua masih belajar merapikannya. Tapi secepatnya bakal gua revisi kok hehe
      Btw thanks untuk sarannya ^^

      Hapus
  18. syukron untuk blognya gan manfaat bgt nih moga2 barokah aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk kunjungannya bung Opay. Silahkan datang kembali ^^

      Hapus
  19. Balasan
    1. Wkwkwkk terimakasih Ical naks hits sarmakkk,
      Silahkan mampir kembali ><

      Hapus